Kamis, 30 September 2021

Tugas Bendahara di Perusahaan

| Kamis, 30 September 2021

Agar manajer keuangan dapat menjalankan fungsinya dengan baik, maka harus membagi fungsi keuangan yang ada di dalam perusahaan. Dalam praktiknya, fungsi keuangan perusahaan dibagi ke dalam dua hal, yaitu Bendahara (treasurer) serta Administrasi dan accounting (controller). Baik bendahara maupun adminitrasi dan accounting semuanya harus bertanggung jawab kepada Direktur Keuangan (Chief Financial Officer/CFO) sebagai pimpinan tertinggi di departemen keuangan. Bendahara memiliki tugas dan peran yang sangat penting pada suatu perusahaan. Oleh karena itu, jabatan bendahara tidak diserahkan kepada sembarang orang, melainkan orang-orang yang telah mendapatkan kepercayaan. 

 Dalam menjalankan kegiatannya, bendahara juga memiliki sejumlah tugas di mana masing-msing tugas harus dijalankan secara disiplin agar tidak terjadi penyimpangan. Tugas bendahara antara lain bertanggungj jawab dalam bidang berikut ini :


 1.    Penerimaan dana

 

Artinya, tugas bendahara adalah menerima seluruh dana dari berbagai sumber yang ada, misalnya dana dari pinjaman bank atau dari hasil penjualan atau dana dari pihak-pihak lainnya.

 

2.    Penyimpanan dana

 

Tugas bendahara dalam hal ini adalah berkewajiban untuk menyimpan dana yang dperoleh  dari berbagai sumber di atas secara aman, baik dalam bentuk peti kas, atau simpanan dalam berbagai rekening bank.

 

3.    Menyampaikan laporan kas

 

Bendahara berkewajiban untuk melaporkan aktivitas keuangan, baik posisi kas harian maupun modal kerja perusahaan secara berkala, sehingga setiap dibutuhkan untuk mengetahui kondisi kas perusahaan dengan mudah diketahui dari laporan kas bendahara.

 

4.    Mengelola kredit

 

Tugas Bendahara di Perusahaan



Terhadap pengelolaan dana secara kredit dari kreditor harus dikelola benar oleh bendahara terutama hal-hal pembayaran bunga dan pokok pinjaman. Kemudian juga bendahara harus menyiapkan dana pelunasan kredit. Di samping itu, juga perlu dikelola hasil dari penjualan kredit yang dilakukan secara angsuran atau cicilan oleh debitur.

 

5.    Pembagian dividen

 

Tugas bendahara dalam hal ini adalah melakukan pembayaran terhadap dividen atau insentif lainnya terhadap pemegang saham atau yang berhak menerima.

 

6.    Menjalin hubungan dengan berbagai pihak

 

Tugas bendahara ini adalah menjaga hubungan baik dengan pihak perbankan agar perolehan dana dapat berjalan terus dengan kreditor (bank). Demikian pula dengan pihak investor, sehingga mampu menjaga kepercayaan investor terhadap perusahaan.

 

7.    Mengelola asuransi

 

Bendahara harus mengelola dana guna membayar premi asuransi yang sudah menjadi beban perusahaan. Asuransi ini digunakan untuk menutup sejumlah resiko kerugian yang mungkin akan dihadapi perusahaan sekarang dan masa yang akan datang.

 

8.    Mengelola dana pensiun

 

Salah satu tugas bendahara yang sangat penting lainnya adalah mengelola dana pensiun. Dewasa ini 

kebanyakan pengelolaan dana pensiun sudah diserahkan kepada lembaga tertentu, baik lembaga yang dibentuk oleh perusahaan maupun yang tidak ada hubungan dengan perusahaan. Namun, di beberapa perusahaan dana pensiun masih dikelola perusahaan dan dalam hal ini bendahara menyiapkan pembayaran pensiun kepada mantan karyawannya.

 

Demikianlah penjelasan mengenai tugas bendahara di perusahaan. Semoga dengan tulisan ini kita bisa mengerti dan memahami bagaimana pentingnya dan besarnya tugas bendahara dalam sebuah perusahaan. Semoga bermanfaat.


Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar